Selamat Datang di Blog Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur

Jumat, 30 Maret 2012

BKKBN Kaltim Sasar Daerah Transmigrasi dan Perbatasan


Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN )  Provinsi Kalimantan Timur, akan melakukan sasaran pelayanan Keluarga Berencana (KB) di daerah transmigrasi ,  perbatasan , pedalaman dan daerah terpencil.
“Pelayanan KB  gratis diprioritaskan untuk membantu warga miskin, yang selam ini belum dapat terlayani dengan baik,” kata  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim, Jufrie Yasin.
Ia mengatakan, penggarapan pelayanan KB pada daerah transmigrasi, perbatasan, pedalaman  dan daerah terpencil berdasarkan keinginan  KementerianTransmigrasi dan Tenaga Kerja   sesuai kesepakatan  bersama  yang telah dilakukan penandatanganan (MoU) yang dimulai pada tahun 2012.

Menurut Jufrie Yasin, layanan KB bagi warga transmigrasi  di Kaltim merupakan bagian  pencapaian  target  sasaran  BKKBN  tahun 2012,  yang berhubungan dengan  pengendalian angka kelahiran dan  peningkatan kesehatan Ibu dan Anak. Selain itu juga  bagian perwujudan norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera, sesuai dengan motto “Dua Lebih Baik”.
Dijelaskan bahwa berdasarkan hasil sensus penduduk Kaltim  diakui  dalam sepuluh tahun terakhir ,  pada tahun 2000 jumlah penduduk Kaltim sebanyak 2,4 Juta jiwa,  kemudian pada tahun 2010 bertambah menjadi 3,5 Juta jiwa. Selanjutnya pada akhir tahun 2011 telah mendekati 4 Juta jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi yaitu 3,82 persen pertahun.
“Apabila angka laju pertumbuhan penduduk tidak secepatnya dikendaliankan, maka
berpengaruh  kepada angka kriminalitas, penangguran dan kemiskinan, serta berpengaruh langsung terhadap ketersediaan pangan,” kata Jufri Yasin.

Tidak ada komentar: