Selamat Datang di Blog Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur

Selasa, 03 April 2012

Jateng dan Jatim Penyumbang Transmigran Terbesar ke Kaltim

Penduduk Jawa Tengah yang bertransmigrasi ke Kalimantan Timur merupakan yang terbanyak kedua setelah Provinsi Jawa Timur.
 "Hingga tahun 2010, jumlah transmigran asal Jawa Tengah mencapai 15.538 keluarga atau sama dengan 61.498 jiwa," kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, saat berkunjung ke Jawa Tengah, Jumat (20/1).
Jumlah tersebut, kata dia, masih ada di bawah Jawa Timur dengan jumlah transmigran mencapai 20.719 keluarga atau sama dengan 79.612 jiwa. Menurut dia, jumlah transmigran dari berbagai daerah dengan tujuan Kalimantan Timur secara keseluruhan mencapai 79.414 keluarga atau sama dengan 319.152 jiwa.

Ia menuturkan, program transmigrasi Kalimantan Timur relatif sukses, dibanding kawasan-kawasan lainnya.

"Di Kalimantan Timur relatif jauh dari konflik antarkelompok," katanya.

Ia menjelaskan, kesuksesan program tersebut didasarkan atas meningkatnya tingkat kesejahteraan para transmigran. Program transmigrasi, lanjut dia, bukan merupakan upaya memindahkan kemiskinan dari saru daerah ke daerah lain, tetapi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Coba saja ditanya para transmigran asal Jawa Tengah, apa mereka mau kalau diminta pulang kampung. Pasti jawabnya tidak," katanya

Tidak ada komentar: